. Barcelona Itu Catalonia : Persipura Itu West Papua | Keriting News - Voice Of Tgidoo
TIGIDOO VOICE website | Members area : Register | Sign in

Barcelona Itu Catalonia : Persipura Itu West Papua

Kamis, 16 Februari 2012

Share this history on :

Pertandingan play off Liga Champions Asia antara Adelaide United vs Persipura meninggalkan sedikit catatan Yang Mengesankan, yaitu berkibarnya bendera Bintang Kejora diantara para pendukung Persipura Di Sudut-Sudut Tribun Hindmarsh Stadium.


kita tidak perlu terkejut dengan kejadian tersebut, karena Australia merupakan basis dari para pendukung OPM selain Belanda. Bahkan beberapa anggota parlemen Australia dikenal sebagai pendukung OPM. Memang ada kemungkinan para aktifis OPM tersebut bermaksud menunggangi pertandingan sepakbola itu dengan tujuan menunjukkan eksistensi mereka karena tahu kalau pertandingan itu disiarkan oleh salah satu tv swasta di Indonesia, yang mana otomatis akan ditonton oleh jutaan pemirsa Indonesia, tak terkecuali para pejabat pemerintahan.
 dengan berkibarnya bendera Bintang Kejora di tribun supporter Persipura malah seakan menunjukkan keberpihakan klub kebanggaan rakyat Papua itu terhadap gerakan separatis OPM. Dalam kisruh PSSI ini, beberapa kali pengurus klub maupun pemain dari Papua selalu melontarkan wacana disintegrasi karena mereka beranggapan klub-klub Papua, khususnya Persipura selalu dianaktirikan oleh induk PSSI.
Apa yang dialami oleh Persipura, sedikit mirip dengan Barcelona. Di Spanyol, Barcelona identik dengan gerakan kemerdekaan rakyat Catalunya. Hampir setiap pertandingan Barcelona dihiasi bendera Catalunya, apalagi jika terjadi laga El Classico melawan Real Madrid. Laga El Classico seakan merefleksikan perlawanan bangsa Catalunya terhadap Spanyol. “Catalonia is not Spain”. Menurut pemimpin tertinggi Catalunya, Jordi Pujol, Catalunya merupakan bangsa tanpa negara. Karena mereka mempunyai bahasa dan budayanya sendiri, tapi negara mereka adalah Spanyol.


Kalau mengikuti definisi Jordi Pujol, apa jadinya bila itu diadopsi di Indonesia?. Bayangkan, karena hampir semua propinsi mempunyai bahasa dan budaya sendiri, maka nanti Indonesia akan terpecah menjadi 33 negara yang berdiri sendiri.
Meski begitu, tuntutan kemerdekaan yang diserukan oleh bangsa Catalunya, tidak serta merta terbawa ke arena sepakbola nasional. Meskipun di setiap kompetisi liga Spanyol Barcelona membawa bendera Catalunya.Uniknya sehari sebelum partai final Piala Dunia 2010, di Catalan masih ada demo besar menuntut otonomi dan merdeka. Seakan melupakan putra-putra terbaik dari bangsa mereka sedang berjuang untuk Spanyol di piala Dunia.


Dengan Demikian,Para putra Papua akan tetap semangat untuk membela PERSIPURA. Demi harga Diri Orang PAPUA,pendukungnya mereka itu Akan Terus Bersemangat Mengibarkan bendera Bintang Kejora, bendera Bintang kejora merupakan simbol Dari perjuangan Rakyat Papua .

Video 
berkibarnya bendera Bintang Kejora diantara para pendukung Persipura Di Sudut-Sudut Tribun Hindmarsh Stadium. KLIK DI SINI .( PICHE)






Terimah Kasih Atas Kunjungannya, APA YANG TERPIKIR DI BENAK ANDA DENGAN ARTIKEL INI ! ? .
Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.. Thanks... Salam Pembebasan ... FREE WEST PAPUA...
Terimah Kasih Atas Kunjungannya .
BERSAMA KEBENARAN SEJARAH SANG BINTANG KEJORA..
MERDEKA...

0 komentar:

Posting Komentar